7 Tokoh dalam pewayangan yang memakai gelung keling


1.Puntadewa 
mungkin tokoh ini tidak asing di kalangan pembaca. Tokoh ini adalah satu dari lima satria pandawa ini adalah raja yang sangat suci dan tidak pernah berbohong dalam hidupnya. Ia di ceritakan moksa bersama adiknya pandawa dan dewi drupadi setelah penobatan parikesit sebagai raja astina

2.Drupadi
Tokoh ini adalah istri dari prabu puntadewa raja negara amarta. Ia adalah anak pertama prabu drupada dengan dewi gandawati. Ia adalah wanita berparas sangat cantik. Konon ia pernah hampir di lecehkan oleh kurawa sehingga ia bersumpah tidak akan melepaskan ikatan rambutnya sebelum keramas dengan darah dursasana. Ia di ceritakan muksa bersama lima pandawa setelah penobatan parikesit menjadi raja astina

3.Pancawala 
Tokoh ini adalah putra dari prabu puntadewa dengan dewi drupadi. Ia adalah satria yang sakti dan tampan,ia menikah dengan dewi pergiwati dan memiliki anak bernama pancakusuma. Ia di ceritakan gugur setelah perang bratayuda larena di bunuh oleh aswatama yang menyelinap masuk ke tenda perkemahan para pandawa.

4.Drupada
Prabu drupada adalah ayah dari dewi drupadi,srikandi,dan trustajumna. Ia adalah raja negara pancala. Ia menikah dengan dewi gandawati. Ia di ceritakan tewas dalam perang bratayuda melawan Begawan durna.


5.Trustajumna
Tokoh ini adalah putra ke tiga prabu drupada dengan dewi gandawati. Dalam perang bratayuda ia berhasil membunuh begawan durna. Ia di ceritakan tewas setelah perang bratayuda oleh aswatama(putra begawan durna) yang menyelinap ke perkemahan para pandawa.



6.Dewi kunti
Nah tokoh ini mungkin sudah banyak yang tau,,,,,,ya benar tokoh ini adalah ibu dari pandawa. Ia adalah anak dari prabu basukunti,ia adalah anak ke 2 dari 4 bersaudara yaitu prabu basudewa,dewi kunti sendiri,rukma,dan styajid. Ia menikah dengan prabu pandu dan memiliki putra kelima pandawa. Ia juga memiliki putra dari hubungan nya dengan batara surya yaitu karna. Ia di critakan mati mukswa setelah perang bratayuda berakhir.


7.Pancakusuma
Mungkin banyak dari pembaca yang belum mengetahui tokoh ini. Tokoh ini adalah pancakusuma yaitu putra dari raden pancawala dan dewi pergiwati. Dan ia adalah cucu dari puntadewa. Setelah ia dewasa ia di angkat sebagai raja negara amarta.        

Comments

Popular Posts